Jumat, 30 November 2012

PKM GT di setujui DIKTI Lolos pendanaan 2012





PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



MEMBANGKITKAN KECERDASAN BELAJAR YANG DAHSYAT DENGAN AKTIVASI OTAK TENGAH MELALUI PENERAPAN  SENAM OTAK PADA DUNIA PENDIDIKAN

BIDANG KEGIATAN : PKM-GT
PKM GAGASAN TERTULIS

Diusulkan oleh:

Imam Adi Permono               6101408209 /2008
Azman Rizqi Rachman          6101409162 /2009
Sutrisno                                 5302410206 /2010



UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2012


HALAMAN PENGESAHAN

1.      Judul   : MEMBANGKITKAN KECERDASAN BELAJAR YANG DAHSYAT  
        DENGAN AKTIVASI OTAK TENGAH MELALUI PENERAPAN
        SENAM OTAK PADA DUNIA PENDIDIKAN.
2.      Bidang Kegiatan                                   :    (  ) PKM-AI               ( √ ) PKM-GT
3.      Ketua Pelaksanaan Kegiatan
a.       Nama   Lengkap                               : Sutrisno
b.      NIM                                                 : 5302410206
c.       Jurusan                                             : Pendidikan Teknik informatika dan    
                                               Komputer
d.      Universitas/Institut/Politeknik         : Universitas Negeri Semarang
e.       Alamat Rumah dan No.Telp/HP     : Ds. Kedungreja, Rt05/rw05
                                               Kec. Kedungreja, Kab.Cilacap  
f.       Alamat Email                                   : maulanasutrisno@gmail.com
4.      Anggota Pelaksanaan Kegiatan             : 3 orang
5.      Dosen Penamping                                     
a.       Nama                                               : Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S.
b.      NIP                                                  : 195910201990022001
c.                               No. Telp/Hp                                     : 08122847468
Semarang, 5 maret 2012
Menyetujui
Ketua Jurusan                                                             Ketua Pelaksana Kegiatan


Drs. Suryono, M.T                                                    Sutrisno
NIP 195503161985031001                                        NIM  5302410206

Pembantu Rektor                                                        Dosen Pendamping 
Bidang Kemahasiswaan


Prof. Dr. Masrukhi, M. Pd.                                   Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S. NIP195707051986011001                                     NIP 195910201990022001
KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya  PKM-GT (Prograram  Kreatifitas  Mahasiswa  Gagasan Tertulis)  ini  dengan  judul          “Membangkitkan Kecerdasan Belajar yang Dahsyat dengan Aktivasi Otak Tengah melalui Penerapan  Senam Otak pada Dunia Pendidikan” sebagai pengembangan dan bahan informasi yang layak diimplementasikan. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam kelancaran penyusunan karya tulis ilmiah ini, terutama kepada :
1.      Prof. Dr. Masruki, M.Pd selaku Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan,
2.      Drs. Suryono, M.T selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro,
3.      Dra. Dwi Purwanti,AhT,MS selaku Dosen Pendamping,
4.      Kedua orang tua dan saudara-saudara kami yang  selalu memberikan dukungan, nasihat serta doanya,
5.      Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan motivasi.
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis telah berusaha menyajikan yang terbaik. Penulisan PKM-GT ini disusun berdasarkan buku-buku panduaan dan literatur yang telah tersedia. Namun demikaian saran dan kritik yang bersifat membangun kami terima dengan senang hati.
     Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat memberikan informasi serta mempunyai nilai manfaat bagi semua pihak.               
           
                                                                             
                       Semarang, 5 maret  2012
  Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................ i
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................. ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
RINGKASAN ..................................................................................................... v
 PENDAHULUAN
Latar Belakang …………………….............................................................. 1
Tujuan dan Manfaat ........................................................................................ 2
 GAGASAN
Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Kelulusan......................................2
Pelatihan aktivasi otak tengah  komersil.........................................................3
Membangkitkan kecerdasan belajar yang dahsyat dengan aktivasi otak tengah   
melalui penerapan  senam otak pada dunia pendidikan..................................3
Pihak-Pihak yang Membantu Mengimplementasikan Gagasan.………...... 4
Langkah-Langkah Penerapan Senam Otak yang Kongkrit Agar Otak
Tengah  Siswa Teraktivasi ………………………………………………..5
KESIMPULAN............................................................................................................ .6
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................……….8
LAMPIRAN –LAMPIRAN.………………………………………………………9
















MEMBANGKITKAN KECERDASAN BELAJAR YANG DAHSYAT DENGAN AKTIVASI OTAK TENGAH MELALUI PENERAPAN  SENAM OTAK PADA DUNIA PENDIDIKAN

Sutrisno, Azman Rizqi Rachman, Imam Adi Permono
Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Keolaragaan
Universitas Negeri Semarang
RINGKASAN

              Pendidikan merupakan pintu utama dan pertama untuk memasuki peradaban yang lebih maju, dan semua perubahan peradaban bangsa hanya bisa terjadi dengan diawali oleh kemajuan pendidikannya. Inilah kenapa bangsa ini harus meningkatkan kualitas pendidikan agar generasi penerus bangsa bisa lebih memiliki daya saing dalam Sumber daya manusia (SDM) di banding negara lain yang telah lebih dahulu maju. Tercapainya SDM yang baik maka pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) bisa lebih dikuasai oleh anak negeri sendiri dan bermanfaat bagi kemajuan perekonomian bangsa secara signifikan.
  Dr. Denison (2000) Senam otak adalah latihan yang terangkai atas gerakan gerakan tubuh yang dinamis dan menyilang. Terdapat keterkaitan antara perkembangan tubuh, bahasa, dan prestasi akademik. Kemudian mereka berhasil mengubah kesulitan belajar menjadi keberhasilan belajar yang maksimal.
  Senam otak bertujuan untuk mengaktifkan potensi belahan otak (hemifser) kanan dan kiri, sehingga akhirnya terjadi integrasi atau kerjasama diantara keduanya. Sehingga garis besar, hemisfer kiri digunakan untuk berpikir logis dan rasional, menganalis dan hal-hal yang terperinci, sedangkan hemisfer kanan digunakan untuk hal-hal yang intuitif, merasakan, bermusik, seni, dan hal-hal yang kreatif. Kedua hemisfer tersebut dihubungkan dengan simpul saraf kompleks bila sirkuit-sirkuit informasi dari kedua belahan otak cepat menyilang maka kemampuan belajar anak bisa dibangkitkan. Sehingga dengan diadakannya senam otak sebagai salah satu upaya untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri dengan diterapkan  pada bidang   pendidikan khususnya untuk anak didik usia 6-15 tahun sebagai usia emas yang bisa dikembangkan melalui bidang pendidikan (SD dan SMP) dan bermanfaat untuk menerapkan senam otak sebagai  sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan generasi muda penerus bangsa



PENDAHULUAN
Latar Belakang

  Sistem pendidikan di negeri kita ini, masih mengacu dan menekankan pada perkembangan otak kiri saja. Hal ini bisa dilihat dari penentuan kelulusan siswa dipatok berdasarkan hasil nilai ujian semata. Terjadinya hal semacam itu dikarenakan kecerdasan manusia didasarkan pada asumsi bahwa hanya anak yang mampu menjawab soal dengan benarlah yang dinilai sebagai orang yang cerdas. Kondisi tersebut tentu merupakan anggapan yang salah karena orang yang pandai dalam bidang seni, yang terkait dengan kreativitas, yang mengandalkan fungsi otak kanan juga termasuk orang yang cerdas.
  Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan oleh Robert Ornstein (1980) dari Universitas California, di ketahui bahwa otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf neuron serta mempertegas tentang perbedaan fungsi dari masing-masing belahan otak manusia. Sebenarnya belahan otak kanan dan otak kiri memiliki fungsi yang sangat berbeda. Jadi antara belahan otak kanan dan kiri tidak hanya merupakan perbedaan posisi, tetapi juga berpengaruh pada fungsi-fungsinya. Masing-masing belahan otak bertanggung jawab terhadap cara berpikir yang berbeda-beda dan mengkhususkan diri pada kemampuan tertentu, walaupun ada persilangan interaksi antara kedua belahan. Apabila belahan otak yang sering kali dipakai, dirangsang dan disuruh bekerja bersama belahan otak yang jarang dipakai, maka akan tercipta kemampuan dan efektivitas otak yang jauh lebih tinggi ( Maslichan, 2009).
  Dalam diri manusia otak sangat identik dengan berfikir. Pikiran inilah yang akhirnya menentukan kualitas kehidupan manusia. Jika pemikiran tersebut berkualitas maka kehidupan manusia akan berkualitas. Sebaliknya bila otak mengalami gangguan maka kehidupan manusia akan buruk. Otak yang hanya digunakan sebelah saja memang dapat memberikan kekuatan yang positif, yang membuat pemiliknya menjadi cerdas, namun akan lebih baik lagi manakala kedua belahan otaknya, kanan dan kiri sama-sama dipergunakan. Hal ini tentu saja sudah bisa ditangkap secara kasat mata, analoginya bahwa sesuatu yang digunakan secara serentak atau bersama-sama akan membuahkan kekuatan yang luar biasa. Kondisi tersebut juga terjadi pada kedua belah otak manusia, yang jika dimanfaatkan secara serentak atau bersama-sama akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa dikarenakan keduanya saling mendukung dan melengkapi.
  Oleh karena itu perlu ditegaskan bahwa kecerdasan  manusia tidak hanya berada dalam otak kiri, namun juga terdapat dalam otak kanan. Selain itu, masa depan seseorang tidak hanya ditentukan oleh kecakapan akademiknya, tetapi juga kreativitasnya yang mampu memberikan sumbangan yang sangat besar dalam kesuksesan manusia.(jong ren young, 2000). Perkembangan otak manusia yang paling baik adalah sampai pada usia diatas 5 tahun dan dibawah 15 tahun ( Carol K. Bowman, 2002) maka dari itu perlu dilakukan cara revolutif untuk bisa mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dunia pendidikan dan sasarannya dikhususkan kepada anak didik usia 6-15 tahun (SD dan SMP) agar kecerdasan anak didik bisa berkembang secara optimal, bukan hanya mereka yang berasal dari kalangan yang mampu tapi dari yang berasal dari kalangan kurang mampu pun bisa menikmatinya, menyadari bahwa semua generasi muda adalah generasi penerus  bangsa. Sehingga PKM-GT yang berjudul  Membangkitkan Kecerdasan Belajar yang Dahsyat dengan Aktivasi Otak Tengah melalui Penerapan  Senam Otak pada Dunia Pendidikan perlu   diangkat   dengan   harapan   dapat   memberikan   pengetahuan, informasi serta solusi untuk meningkat kecerdasan generasi muda Indonesia menjadi pribadi penerus pembangunan bangsa yang siap bersaing dengan negara-negara lain di kancah era globalisasi.

TUJUAN DAN MANFAAT

Meningkatkan daya ingat anak didik;meningkatkan inovasi dan  kreatifitas anak didik; meningkatkan konsentrasi anak didik;meningkatkan kemampuan fisik dalam berolahraga; meningkatkan keseimbangan hormon sehingga anak didik menjadi  sehat; meningkatkan daya intuitif anak didik dan meminimalkan masalah mental; meningkatkan kecerdasan anak didik dengan otak tengah yang telah teraktivasi dengan senam otak; membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pribadi yang cerdas dan siap bersaing di kancah era globalisasi
                                                       
GAGASAN

Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Kelulusan
Sistem pendidikan di indonesia saat ini masih menekankan pada hasil nilai dari tiap tes yang diberikan, jadi pendidikan di indonesia sampai saat ini masih berorientasi pada nilai tanpa memperhatikan proses pembelajaran yang sesuai, untuk tujuan mengembangkan semua kemampuan otak untuk pengembangan kekreatifan dan kecerdasan anak didik secara terpadu sehingga prestasi belajar mereka bisa meningkat dengan sungguh-sungguh. Misalkan bisa dilihat pada jenjang SD, SMP, SMA kelulusan belajar mereka hanya ditentukan dari melihat hasil UAS (Ujian Akhir Nasional) saja.
Metode pengembangan kecerdasan anak dengan memperhatikan keseimbangan otak anak didik untuk bisa mencapai hasil maksimal masih belum dikembangkan dan diterapkan dalam dunia pendidikan dengan maksimal. Di bidang pendidikan kebanyakan memperhatikan aspek akademis sehingga mereka terbiasa berpikir untuk hanya mengembangkan aspek intelektualitas. Buktinya tawuran pelajar sering terjadi. Siswa SD, SMP, SMA kerap terbebani oleh padatnya pelajaran, sehingga kegiatan sekolah justru mengurangi keceriaan anak didik, sehingga minat dan antusiasme mereka rendah dan menyebabkan kecerdasan belajar menurun.

Pelatihan aktivasi otak tengah  komersil

Training aktivasi otak tengah untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri anak sehingga semua kemampuan dan kekuatan otak anak bisa ter-explore dengan maksimal ini telah diadakan oleh pihak swasta misalnya GMC (Genius Mind Consultancy) , dan mengalami booming menjelang akhir tahun 2009 hingga sekarang. Dengan metode, senam otak dan music klasik. Pada faktanya, aktivasi otak tengah memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan kecerdasan anak yang orang tuanya mampu membayar pelatihan, sehingga prestasi akademik dan kreativitas mereka bisa meningkat.  Banyak orang yang merasa ingin tahu dan gelisah terhadap fenomena yang sangat menarik tersebut. ( As’adi Muhammad, 2010).

Jika sistem pendidikan di Indonesia masih hanya berkonsentrasi pada aspek pengembangan intelektualitasnya saja dan mengesampingkan pengembangan aspek kreatifitasannya maka kecerdasan generasi muda bangsa Indonesia tidak berkembang secara optimal yang menyebabkan sumber daya manusia (SDM) tidak akan mampu untuk bisa mengolah Sumber daya alam (SDA)  yang melimpah di bumi pertiwi.

Membangkitkan kecerdasan belajar yang dahsyat dengan aktivasi otak tengah melalui penerapan  senam otak pada dunia pendidikan
           
Menyongsong menjadi negara maju, Indonesia harus memiliki sistem pendidikan yang tepat.  Karena ternyata kemajuan suatu bangsa tidak hanya terletak pada jumlah sumber daya alam (SDA) yang melimpah, tetapi lebih ditekankan kepada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang bisa dikembangkan melalui bidang pendidikannya. Indonesia  tidak  boleh  kalah dengan negara lain dalam pengadaan sumber daya manusia yang berkualitas dan selalu tergantung pada ahli-ahli dari luar negeri, karena kualitas kecerdasan mereka lebih tinggi. Sedangkan pemilikan sumber daya alam yang melimpah hanya bisa diolah dengan sumber daya manusia baik.  Program penerapan senam otak untuk meyeimbangkan otak anak didik sehingga kecerdasannya bisa berkembang secara menyeluruh dan menghasilkan kecerdasan belajar yang tinggi, harus segera digulirkan kalau tidak ingin menjadi “tamu di rumah sendiri”.

Menurut Paul E. Denisson Ph.D., ahli senam otak dari lembaga Educational Kinesiology, Amerika Serikat, meski sederhana, brain gym mampu memudahkan kegiatan belajar dan melakukan penyesuaian terhadap ketegangan, tantangan, dan tuntutan hidup sehari-hari. Pakar penelitian otak inilah yang pertama kali memperkenalkan metode terapi ini di Amerika, 19 tahun silam. Awalnya senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan hiperaktif, kerusakan otak, sulit konsentrasi dan depresi. Namun dalam perkembangannya setiap orang bisa memanfaatkannya untuk beragam kegunaan. Saat ini, di Amerika dan Eropa brain gym sedang digemari. Banyak orang yang merasa terbantu melepaskan stres, menjernihkan pikiran, meningkatkan daya ingat.

 Dengan menerapkan metode Senam otak yang juga menjadi ice breaking (pemecah ketegangan belajar) yang bisa untuk mengaktivasi otak tengah, dalam dunia pendidikan, yaitu di khususkan ke dalam  satuan pendidikan Tingkat SD dan SMP sehingga semua kalangan anak didik usia 6 tahun sampai 15 tahun, yang merupakan masa emas penyeimbangan perkembangan otak kanan dan kiri. Kegiatan senam otak ini bisa di lakukan setiap hari awal jam pelajaran misalkan jam 07.00-07-30, walaupun hanya 30 menit, menurut penelitian akan sangat memberikan dampak yang sangat baik bagi keseimbangan otak kanan dan kiri, sehingga aspek intelegensi dan kreatifitas bisa berkembang secara optimal dan membangkitkan kecerdasan belajar yang dahsyat.

Pihak-Pihak yang Membantu Mengimplementasikan Gagasan

Untuk  mewujudkan  program  tersebut,  berikut  adalah    peran  masing-masing elemen atau pihak-pihak yang terkait, yaitu:
       
      Pemerintah, Pemerintah dapat membuat kebijakan dengan meninjau ulang sistem pendidikan nasional dan memperbaiki sistem pendidikan untuk tidak hanya mengembangkan aspek intelektualnya saja, tetapi perlu juga aspek kekreatifitasan anak didik. Dana pendidikan yang mencapai 20% dari APBN harus dioptimalkan secara maksimal dan tepat sasaran agar tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa bisa tercapai secara menyeluruh. Dana-dana harus diprioritaskan untuk tujuan tersebut di samping harus selalu mendorong elemen  lain  untuk  bekerja  keras  mensukseskan  program  tersebut. 
             
            Dinas Pendidikan, Pendidikan  adalah  pelaku  utama  yang menjembatani perbaruan sistem pendidikan. Dinas pendidikan harus bisa melaksanakan suatu kegiatan penyusunan kurikulum yang tepat untuk bisa mengembangkan semua aspek kecerdasan anak didik.  Untuk  membuat  Kurikulum yang baik,  perlu dilakukan penyusunan oleh tim MGMP yang telah mengetahui, memahami tentang pengembangan kurikulum yang bisa mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak, yang  pada  akhirnya  dapat  meningkatkan kecerdasan belajar anak secara maksimal.   Jadi,   pendidikanlah   yang   berperan   langsung meningkatkan taraf berpikir masyarakat. Untuk dapat meningkatka prestasi belajar anak didik dan kecerdasan mereka, pendidikan harus selalu memperbarui metode-metode yang tepat dan baik  dengan selalu mengadakan inovasi baru untuk menciptakan metode belajar yang bisa mengembangkan otak kanan dan otak kiri anak.
            Dinas Keolahragaan, Dinas Keolahragaan harus mengadakan seminar, pelatihan, workshop tentang senam otak kepada para guru SD,SMP dan SMA agar para pendidik nantinya bisa mengetahui, memahami dan menguasai teknik senam otak secara baik untuk aktivasi otak tengah sehingga meningkatkan kecerdasan belajarnya anak didik.
Pendidik, para guru di SD,SMP dan SMA sebagai pelaksana program senam otak, harus senantiasa mengetahui, memahami dan menguasai teknik senam otak secara baik, melalui pelatihan yang dilakukan oleh dinas olahraga dan kesehatan sehingga tujuan senam otak untuk mengaktivasi otak tengah yang akan meningkatkan kecerdasan anak didik secara menyeluruh sehingga kecerdasan belajarnya meningkat.

Langkah-Langkah Penerapan Senam Otak yang Kongkrit Agar Otak
Tengah  Siswa Teraktivasi

Pemerintah, membuat kebijakan memperbaiki mutu pendidikan nasional dan melakukan koordinasi terhadap lembaga penelitian dengan lembaga-lembaga yang lain khususnya lembaga pendidikan agar teknik pengembangan senam otak bisa dilaksanakan di SD dan SMP.
Dinas keolahragaan, melakukan pelatihan penguasaan senam otak untuk tenaga pendidik khususnya guru olahraga serta secara berkelanjutan memberikan pengetahuan-pengetahuan manfaat senam otak bagi anak didik.
Guru olahraga, mendukung pelaksanaan dan mengajarkan senam otak pada anak didik dalam awal proses pembelajaran secara bekelanjutan  dan mengembangkan kombinasi gerakan yang tidak monoton sehingga bisa dicapai manfaatnya yaitu peningkatan kecerdasan belajar anak didik.

KESIMPULAN

Gagasan yang Diajukan

Dunia Pendidikan sebaiknya menerapkan metode yang menjadi ice breaking (pemecah ketegangan belajar) yang bisa mengaktivasi otak tengah  di Sekolah Tingkat SD dan SMP sehingga semua kalangan anak didik usia 6 tahun sampai 15 tahun, yang merupakan masa emas penyeimbangan perkembangan otak kanan dan kiri, baik kaya maupun miskin bisa sama-sama meng-explore kemampuan otak mereka dengan maksimal, sehingga bisa meningkatkan  intelegensi dan kekreatifitasan  serta memicu  meningkatnya prestasi belajar anak didik secara menyeluruh

Teknik Implementasi yang Akan Dilakukan

Penggunakan dasar gerakan senam otak sebagai upaya penyusunan kombinasi teknik gerakan senam otak untuk tujuan  membuat  rangkaian senam otak yang baik dan sesuai untuk diterapkan pada anak didik di tingkat SD dan SMP.
Dalam awal proses pembelajaran di satuan pendidikan SD dan SMP pada awal  jam pelajaran yaitu, jam 07.00-07.30 dilakukan senam otak bersama sebelum masuk ke materi belajar sebagai pengaktivasi fungsi otak tengah sehingga dalam proses belajar anak didik menjadi lebih antusias dan memiliki kecerdasan yang tinggi.

Prediksi Hasil yang Akan Diperoleh

Dengan     program penerapan senam otak, diyakinkan bahwa kecerdasan anak bukan hanya berkembang dalam bidang intelektualitasnya saja tetapi juga segi kekreatifannya juga bisa berkembang, efeknya  dapat mengingkatkan prestasi belajar anak didik saat berstudi maupun berkarya. Pilihan senam otak dari teknik pengembangan otak anak menjadi kunci solusi pencehahan ketimpangan perkembangan otak anak dalam sistem pendidikan saat ini dan akan sangat membantu kesuksesannya di masa depan sebagai generasi muda bangsa yang cerdas secara seimbang dan meyeluruh.







DAFTAR PUSTAKA

Kadir, abdul. 2010. Misteri Otak Kiri Manusia. Yogyakarta: Diva Press.
Muhammad, As’adi. 2010. Milyaran Keluarbiasaan otak kita. Yogyakarta: 
            Fresh Book.
Muhammad, As’adi.2010. Misteri Otak Tengah Manusia. Yogyakarta: Buku Biru
Muhammad, As’adi.2010. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang.Yogyakarta:
             Diva Press.
Pendak, Mustamir dan maslichan. 2009. Potensi Kekuatan Otak Kanan dan
             Otak Kiri Anak. Yogyakarta: Diva Press.
Yen, DR. Tan Shot. Tanpa tahun. Saya Pilih Sehat dan Sembuh. Jakarta: Dian Rakyat



LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran I
Ketua Anggota
Nama                                                                : Sutrisno
NIM                                                                  : 5302410206
Tempat/ tanggal lahir                                        : Cilacap, 5 februari 1991
Agama                                                              : Islam
Jenis kelamin                                                     : Laki-laki
Jur/ Prodi/Fak/PT                                              : PTIK/T ELEKTRO/ FT/ UNNES
Alamat asal                                                       : Ds. Kedungreja Rt.05, Rw.02
                                                                            Kec. Kedungreja, Kab. Cilacap
Alamat di Semarang                                         : Jl. Cempakasari Timur no 31
                                                                            Rt03/Rw01,Sekaran,
                                                                            Gunung pati, semarang, 50228
No HP                                                               : 085726490989
Riwayat Organisasi                                                    
1. Ketua Departemen Dana dan      Usaha  RISTEK
2. Angota Departemen DIKLAT TPAI

Riwayat Pendidikan
No
Sekolah
Tahun
1.
2.
3.
4.
SDN  Kedungreja 02
SMP N Sidareja 02
SMA N Kedungreja 01
Universitas Negeri Semarang
1997-2003
2003-2006
2006-2009
2010-sekarang


Prestasi Ilmiah yang pernah diraih : -



                                                                                                              TTD






                                                                                                              Sutrisno
                                                                                                              5302410206

Lampiran II

Anggota 1
Nama                                                                : Azman Rizqi Rachman
NIM                                                                  : 6101409162
Tempat/ tanggal lahir                                        : Tegal/ 23 Oktober 1991
Agama                                                              : Islam
Jenis kelamin                                                     : Laki-laki
Jur/Fak/PT                                                         : PJKR/FIK/ UNNES
Alamat asal                                                       : Jl.Cinde IA No.57
                                                                            Kraton Tegal
Alamat di Semarang                                         : Jl. Cempakasari Timur no 31
                                                                            Rt03/Rw01,Sekaran,
                                                                            Gunung pati, semarang, 50228
No HP                                                               : 087832924572
Riwayat Organisasi                                           : Anggota divisi HRD FIFA SPORT              (UKM Penelitian) FIK
Riwayat Pendidikan
No
Sekolah
Tahun
1.
2.
3.
4.
SDN Tegalsari 10 Tegal
SMPN 6 Tegal
SMAN 2 Tegal
Universitas Negeri Semarang
1997-2003
2003-2006
2006-2009
2009-sekarang

Prestasi Ilmiah yang pernah diraih :
1. Juara 3 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa) tingkat Fakultas FIK UNNES 2010
 (Alat pendeteksi dis/tidaknya pelompat saat melakukan lompatan pada olahraga atletik cabang lompat jauh)
2. Juara harapan 1 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa) tingkat Fakultas FIK UNNES 2010
( modifikasi Treadmil untuk menghasilkan energi listrik)
                                                                                                  TTD



                                                                                      Azman Rizqi Rachman
                                                                                     6101409162

Lampiran III

Anggota 2
Nama                                                                : Imam Adi Permono
NIM                                                                  : 6101408209
Tempat/ tanggal lahir                                        : Wonosobo, 16 Oktober 1990
Agama                                                              : Islam
Jenis kelamin                                                     : Laki-laki
Jur/Fak/PT                                                         : FIK/PJKR/ UNNES
Alamat asal                                                        : Ds. Besani, Rt04/rw01
                                                                            Kec. Leksono, Kab.Wonosobo
Alamat di Semarang                                         : Jl. Cempakasari Timur no 31
                                                                            Rt03/Rw01,Sekaran,
                                                                            Gunung pati, semarang, 50228
No HP                                                                : 085727087191
Riwayat Pendidikan
No
Sekolah
Tahun
1.
2.
3.
4.
SDN 1 Wonosobo
SMPN 1 Leksono
SMAN 1 Wonosobo
Universitas Negeri Semarang
1996-2002
2002-2005
2005-2008
2008-sekarang

Prestasi Ilmiah yang pernah diraih :
1. Juara 3 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa) tingkat Fakultas FIK UNNES 2010
 (Alat pendeteksi dis/tidaknya pelompat saat melakukan lompatan pada olahraga atletik cabang lompat jauh)
2. Juara harapan 1 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa) tingkat Fakultas FIK UNNES 2010
( modifikasi Treadmil untuk menghasilkan energi listrik)
3. Nominator Lomba Industri olahraga tingkat Nasional oleh KEMENPORA 2011                                                                                                                                               
                                                                                                  TTD

 
                                                                                                  Imam Adi Permono
                                                                                                  6101408209
Lampiran IV
Biodata Dosen Pendamping

Nama   Lengkap             : Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S.
NIP                                : 195910201990022001
Alamat                                       : Jl Anggun Selatan N 26 graha estetika Semarang
Kantor                            : Kampus UNNES Sekaran-Gunungpati, Gedung E6
     Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik 50229,
No. Hp                                       : 08122847468

                                                                                    Semarang, 5 Maret 2012



                                                                                    Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S.
195910201990022001



4 komentar:

nuruka mengatakan...

ini pkm lulus dikti masuk brp besar kak..

imam adi permono mengatakan...

PKM -GT lolos pendanaan, cuma lolos dan dapat uang insentif cuma-cuma dari DIKTI Rp. 3.000.000,00. dengan menyumbangkan ide ini, ayo buat dek. ne saya udah besok april mau wisuda jadi g ada kesempatan buat PKM lagi, hehe, manfaatkan kesempatan saat jadi mahasiswa

Unknown mengatakan...

Gagasan yang sangat menarik kaka,,, :-D

yacovgade mengatakan...

Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
Property Location With a stay at Borgata 창원 출장마사지 Hotel Casino & Spa 화성 출장샵 in Atlantic City (New Jersey), you'll be centrally located in 경주 출장안마 Atlantic 남원 출장마사지 City, steps 충청남도 출장샵 from Borgata