PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
MEMBANGKITKAN
KECERDASAN BELAJAR YANG DAHSYAT DENGAN AKTIVASI OTAK TENGAH MELALUI PENERAPAN SENAM
OTAK PADA DUNIA PENDIDIKAN
BIDANG
KEGIATAN : PKM-GT
PKM GAGASAN
TERTULIS
Diusulkan oleh:
Imam Adi Permono 6101408209
/2008
Azman Rizqi Rachman 6101409162
/2009
Sutrisno 5302410206
/2010
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2012
HALAMAN
PENGESAHAN
1.
Judul : MEMBANGKITKAN
KECERDASAN BELAJAR YANG DAHSYAT
DENGAN AKTIVASI OTAK TENGAH MELALUI PENERAPAN
SENAM OTAK PADA DUNIA PENDIDIKAN.
2.
Bidang Kegiatan : ( )
PKM-AI ( √ ) PKM-GT
3.
Ketua Pelaksanaan
Kegiatan
a.
Nama Lengkap :
Sutrisno
b.
NIM :
5302410206
c.
Jurusan : Pendidikan
Teknik informatika dan
Komputer
d.
Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Negeri Semarang
e.
Alamat
Rumah dan No.Telp/HP : Ds. Kedungreja, Rt05/rw05
Kec. Kedungreja, Kab.Cilacap
f.
Alamat
Email :
maulanasutrisno@gmail.com
4.
Anggota
Pelaksanaan Kegiatan : 3 orang
5.
Dosen Penamping
a.
Nama :
Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S.
b.
NIP :
195910201990022001
c.
No. Telp/Hp : 08122847468
Semarang, 5 maret 2012
Menyetujui
Ketua
Jurusan Ketua Pelaksana Kegiatan
Drs.
Suryono, M.T Sutrisno
NIP 195503161985031001 NIM 5302410206
Pembantu
Rektor Dosen
Pendamping
Bidang Kemahasiswaan
Prof. Dr. Masrukhi, M. Pd.
Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S. NIP195707051986011001
NIP 195910201990022001
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya PKM-GT (Prograram Kreatifitas
Mahasiswa Gagasan Tertulis) ini
dengan judul “Membangkitkan Kecerdasan Belajar yang
Dahsyat dengan Aktivasi Otak Tengah melalui Penerapan Senam Otak pada Dunia Pendidikan” sebagai
pengembangan dan bahan informasi yang layak diimplementasikan. Oleh karena itu
penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu
dalam kelancaran penyusunan karya tulis ilmiah ini, terutama kepada :
1.
Prof. Dr.
Masruki, M.Pd selaku Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan,
2.
Drs.
Suryono, M.T selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro,
3.
Dra.
Dwi Purwanti,AhT,MS selaku Dosen Pendamping,
4.
Kedua
orang tua dan saudara-saudara kami yang
selalu memberikan dukungan, nasihat serta doanya,
5.
Semua
pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan
motivasi.
Dalam
penyusunan karya tulis ini, penulis telah berusaha menyajikan yang terbaik. Penulisan
PKM-GT ini disusun berdasarkan buku-buku panduaan dan
literatur yang telah tersedia. Namun demikaian saran dan kritik yang bersifat
membangun kami terima dengan senang hati.
Akhirnya penulis
berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat memberikan informasi serta
mempunyai nilai manfaat bagi semua pihak.
Semarang, 5 maret 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................
i
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................
ii
KATA PENGANTAR..........................................................................................
iii
DAFTAR
ISI........................................................................................................
iv
RINGKASAN .....................................................................................................
v
PENDAHULUAN
Latar
Belakang ……………………..............................................................
1
Tujuan
dan Manfaat ........................................................................................
2
GAGASAN
Sistem
Pendidikan Nasional dan Standar Kelulusan......................................2
Pelatihan
aktivasi otak tengah komersil.........................................................3
Membangkitkan
kecerdasan belajar yang dahsyat dengan aktivasi otak tengah
melalui
penerapan senam otak pada dunia
pendidikan..................................3
Pihak-Pihak
yang Membantu Mengimplementasikan Gagasan.………...... 4
Langkah-Langkah Penerapan
Senam Otak yang Kongkrit Agar Otak
Tengah Siswa Teraktivasi ………………………………………………..5
KESIMPULAN............................................................................................................
.6
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................……….8
LAMPIRAN –LAMPIRAN.………………………………………………………9
MEMBANGKITKAN
KECERDASAN BELAJAR YANG DAHSYAT DENGAN AKTIVASI OTAK TENGAH MELALUI PENERAPAN SENAM
OTAK PADA DUNIA PENDIDIKAN
Sutrisno, Azman Rizqi Rachman, Imam Adi Permono
Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Keolaragaan
Universitas Negeri Semarang
RINGKASAN
Pendidikan merupakan pintu utama dan pertama
untuk memasuki peradaban yang lebih maju, dan semua perubahan peradaban bangsa
hanya bisa terjadi dengan diawali oleh kemajuan pendidikannya. Inilah kenapa
bangsa ini harus meningkatkan kualitas pendidikan agar generasi penerus bangsa
bisa lebih memiliki daya saing dalam Sumber daya manusia (SDM) di banding
negara lain yang telah lebih dahulu maju. Tercapainya SDM yang baik maka
pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) bisa lebih dikuasai oleh anak negeri sendiri
dan bermanfaat bagi kemajuan perekonomian bangsa secara signifikan.
Dr. Denison (2000) Senam otak adalah latihan yang terangkai atas
gerakan gerakan tubuh yang dinamis dan menyilang. Terdapat keterkaitan antara
perkembangan tubuh, bahasa, dan prestasi akademik. Kemudian mereka berhasil
mengubah kesulitan belajar menjadi keberhasilan belajar yang maksimal.
Senam
otak bertujuan untuk mengaktifkan potensi belahan otak (hemifser) kanan dan kiri, sehingga akhirnya terjadi integrasi atau
kerjasama diantara keduanya. Sehingga garis besar, hemisfer kiri digunakan
untuk berpikir logis dan rasional, menganalis dan hal-hal yang terperinci,
sedangkan hemisfer kanan digunakan untuk hal-hal yang intuitif, merasakan,
bermusik, seni, dan hal-hal yang kreatif. Kedua hemisfer tersebut dihubungkan
dengan simpul saraf kompleks bila
sirkuit-sirkuit informasi dari kedua belahan otak cepat menyilang maka
kemampuan belajar anak bisa dibangkitkan. Sehingga dengan diadakannya senam
otak sebagai salah satu upaya untuk menyeimbangkan otak kanan
dan otak kiri dengan diterapkan pada
bidang pendidikan khususnya untuk anak didik usia
6-15 tahun sebagai usia emas yang bisa dikembangkan melalui bidang pendidikan
(SD dan SMP) dan bermanfaat untuk menerapkan
senam otak sebagai sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan generasi muda penerus bangsa
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sistem
pendidikan di negeri kita ini, masih mengacu dan menekankan pada perkembangan
otak kiri saja. Hal ini bisa dilihat dari penentuan kelulusan siswa dipatok
berdasarkan hasil nilai ujian semata. Terjadinya hal semacam itu dikarenakan
kecerdasan manusia didasarkan pada asumsi bahwa hanya anak yang mampu menjawab
soal dengan benarlah yang dinilai sebagai orang yang cerdas. Kondisi tersebut
tentu merupakan anggapan yang salah karena orang yang pandai dalam bidang seni,
yang terkait dengan kreativitas, yang mengandalkan fungsi otak kanan juga
termasuk orang yang cerdas.
Berdasarkan Penelitian
yang telah dilakukan oleh Robert Ornstein (1980) dari Universitas California,
di ketahui bahwa otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki
volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf neuron serta
mempertegas tentang perbedaan fungsi dari masing-masing belahan otak manusia.
Sebenarnya belahan otak kanan dan otak kiri memiliki fungsi yang sangat berbeda.
Jadi antara belahan otak kanan dan kiri tidak hanya merupakan perbedaan posisi,
tetapi juga berpengaruh pada fungsi-fungsinya. Masing-masing belahan otak bertanggung
jawab terhadap cara berpikir yang berbeda-beda dan mengkhususkan diri pada kemampuan
tertentu, walaupun ada persilangan interaksi antara kedua belahan. Apabila
belahan otak yang sering kali dipakai, dirangsang dan disuruh bekerja bersama
belahan otak yang jarang dipakai, maka akan tercipta kemampuan dan efektivitas
otak yang jauh lebih tinggi ( Maslichan, 2009).
Dalam
diri manusia otak sangat identik dengan berfikir.
Pikiran inilah yang akhirnya menentukan kualitas kehidupan manusia. Jika
pemikiran tersebut berkualitas maka kehidupan manusia akan berkualitas.
Sebaliknya bila otak mengalami gangguan maka kehidupan manusia akan buruk. Otak yang hanya digunakan sebelah saja memang dapat
memberikan kekuatan yang positif, yang membuat pemiliknya menjadi cerdas, namun
akan lebih baik lagi manakala kedua belahan otaknya, kanan dan kiri sama-sama
dipergunakan. Hal ini tentu saja sudah bisa ditangkap secara kasat mata,
analoginya bahwa sesuatu yang digunakan secara serentak atau bersama-sama akan
membuahkan kekuatan yang luar biasa. Kondisi tersebut juga terjadi pada kedua
belah otak manusia, yang jika dimanfaatkan secara serentak atau bersama-sama
akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa dikarenakan keduanya saling
mendukung dan melengkapi.
Oleh
karena itu perlu ditegaskan bahwa kecerdasan
manusia tidak hanya berada dalam otak kiri, namun juga terdapat dalam
otak kanan. Selain itu, masa depan seseorang tidak hanya ditentukan oleh
kecakapan akademiknya, tetapi juga kreativitasnya yang mampu memberikan
sumbangan yang sangat besar dalam kesuksesan manusia.(jong ren young, 2000).
Perkembangan otak manusia yang paling baik adalah sampai pada usia diatas 5
tahun dan dibawah 15 tahun ( Carol K. Bowman, 2002) maka dari itu perlu
dilakukan cara revolutif untuk bisa mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dunia
pendidikan dan sasarannya dikhususkan kepada anak didik usia 6-15 tahun (SD dan SMP) agar kecerdasan anak didik bisa
berkembang secara optimal, bukan hanya mereka yang berasal dari kalangan yang
mampu tapi dari yang berasal dari kalangan kurang mampu pun bisa menikmatinya,
menyadari bahwa semua generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Sehingga PKM-GT yang berjudul Membangkitkan Kecerdasan Belajar yang Dahsyat dengan
Aktivasi Otak Tengah melalui Penerapan
Senam Otak pada Dunia Pendidikan perlu diangkat
dengan harapan dapat
memberikan pengetahuan,
informasi serta solusi untuk meningkat kecerdasan generasi muda Indonesia
menjadi pribadi penerus pembangunan bangsa yang siap bersaing dengan
negara-negara lain di kancah era globalisasi.
TUJUAN DAN
MANFAAT
Meningkatkan daya ingat anak didik;meningkatkan
inovasi dan kreatifitas anak didik; meningkatkan
konsentrasi anak didik;meningkatkan kemampuan fisik dalam berolahraga; meningkatkan
keseimbangan hormon sehingga anak didik menjadi
sehat; meningkatkan daya intuitif anak didik dan meminimalkan masalah
mental; meningkatkan
kecerdasan anak didik dengan otak tengah yang telah teraktivasi dengan senam
otak;
membentuk
Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pribadi yang cerdas dan siap bersaing di
kancah era globalisasi
GAGASAN
Sistem
Pendidikan Nasional dan Standar Kelulusan
Sistem pendidikan di indonesia saat ini masih
menekankan pada hasil nilai dari tiap tes yang diberikan, jadi pendidikan di
indonesia sampai saat ini masih berorientasi pada nilai tanpa memperhatikan
proses pembelajaran yang sesuai, untuk tujuan mengembangkan semua kemampuan
otak untuk pengembangan kekreatifan dan kecerdasan anak didik secara terpadu
sehingga prestasi belajar mereka bisa meningkat dengan sungguh-sungguh.
Misalkan bisa dilihat pada jenjang SD, SMP, SMA kelulusan belajar mereka hanya
ditentukan dari melihat hasil UAS (Ujian Akhir Nasional) saja.
Metode pengembangan kecerdasan anak
dengan memperhatikan keseimbangan otak anak didik untuk bisa mencapai hasil
maksimal masih belum dikembangkan dan diterapkan dalam dunia pendidikan dengan
maksimal. Di bidang pendidikan kebanyakan memperhatikan aspek akademis sehingga
mereka terbiasa berpikir untuk hanya mengembangkan aspek intelektualitas.
Buktinya tawuran pelajar sering terjadi. Siswa SD, SMP, SMA kerap terbebani
oleh padatnya pelajaran, sehingga kegiatan sekolah justru mengurangi keceriaan
anak didik, sehingga minat dan antusiasme mereka rendah dan menyebabkan
kecerdasan belajar menurun.
Pelatihan
aktivasi otak tengah komersil
Training aktivasi otak
tengah untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri anak sehingga semua
kemampuan dan kekuatan otak anak bisa ter-explore
dengan maksimal ini telah diadakan oleh pihak swasta misalnya GMC (Genius Mind Consultancy) , dan mengalami
booming menjelang akhir tahun 2009 hingga
sekarang. Dengan metode, senam otak dan music klasik. Pada faktanya, aktivasi
otak tengah memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan kecerdasan anak yang
orang tuanya mampu membayar pelatihan, sehingga prestasi akademik dan
kreativitas mereka bisa meningkat.
Banyak orang yang merasa ingin tahu dan gelisah terhadap fenomena yang
sangat menarik tersebut. ( As’adi Muhammad, 2010).
Jika sistem pendidikan di Indonesia
masih hanya berkonsentrasi pada aspek pengembangan intelektualitasnya saja dan
mengesampingkan pengembangan aspek kreatifitasannya maka kecerdasan generasi
muda bangsa Indonesia tidak berkembang secara optimal yang menyebabkan sumber
daya manusia (SDM) tidak akan mampu untuk bisa mengolah Sumber daya alam (SDA) yang melimpah di bumi pertiwi.
Membangkitkan kecerdasan belajar yang
dahsyat dengan aktivasi otak tengah melalui penerapan senam otak pada dunia pendidikan
Menyongsong
menjadi negara maju, Indonesia harus memiliki sistem pendidikan yang tepat. Karena ternyata kemajuan suatu bangsa tidak
hanya terletak pada jumlah sumber daya alam (SDA) yang melimpah, tetapi lebih
ditekankan kepada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang bisa dikembangkan
melalui bidang pendidikannya. Indonesia
tidak boleh kalah dengan negara lain dalam pengadaan
sumber daya manusia yang berkualitas dan selalu tergantung pada ahli-ahli dari
luar negeri, karena kualitas kecerdasan mereka lebih tinggi. Sedangkan
pemilikan sumber daya alam yang melimpah hanya bisa diolah dengan sumber daya
manusia baik. Program penerapan senam
otak untuk meyeimbangkan otak anak didik sehingga kecerdasannya bisa berkembang
secara menyeluruh dan menghasilkan kecerdasan belajar yang tinggi, harus segera
digulirkan kalau tidak ingin menjadi “tamu
di rumah sendiri”.
Menurut Paul E. Denisson Ph.D., ahli senam otak dari lembaga
Educational Kinesiology, Amerika Serikat, meski sederhana, brain gym mampu
memudahkan kegiatan belajar dan melakukan penyesuaian terhadap ketegangan,
tantangan, dan tuntutan hidup sehari-hari. Pakar penelitian otak inilah yang
pertama kali memperkenalkan metode terapi ini di Amerika, 19 tahun silam.
Awalnya senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan hiperaktif,
kerusakan otak, sulit konsentrasi dan depresi. Namun dalam perkembangannya
setiap orang bisa memanfaatkannya untuk beragam kegunaan. Saat ini, di Amerika
dan Eropa brain gym sedang digemari. Banyak orang yang merasa terbantu
melepaskan stres, menjernihkan pikiran, meningkatkan daya ingat.
Dengan menerapkan metode Senam otak yang juga
menjadi ice breaking (pemecah
ketegangan belajar) yang bisa untuk mengaktivasi otak tengah, dalam dunia
pendidikan, yaitu di khususkan ke dalam
satuan pendidikan Tingkat SD dan SMP sehingga semua kalangan anak didik
usia 6 tahun sampai 15 tahun, yang merupakan masa emas penyeimbangan
perkembangan otak kanan dan kiri. Kegiatan senam otak ini bisa di lakukan
setiap hari awal jam pelajaran misalkan jam 07.00-07-30, walaupun hanya 30
menit, menurut penelitian akan sangat memberikan dampak yang sangat baik bagi
keseimbangan otak kanan dan kiri, sehingga aspek intelegensi dan kreatifitas
bisa berkembang secara optimal dan membangkitkan kecerdasan belajar yang
dahsyat.
Pihak-Pihak yang Membantu Mengimplementasikan Gagasan
Untuk
mewujudkan program tersebut,
berikut adalah peran
masing-masing elemen atau pihak-pihak yang terkait, yaitu:
Pemerintah,
Pemerintah dapat membuat kebijakan dengan meninjau ulang sistem pendidikan
nasional dan memperbaiki sistem pendidikan untuk tidak hanya mengembangkan
aspek intelektualnya saja, tetapi perlu juga aspek kekreatifitasan anak didik.
Dana pendidikan yang mencapai 20% dari APBN harus dioptimalkan secara maksimal
dan tepat sasaran agar tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa bisa
tercapai secara menyeluruh. Dana-dana harus diprioritaskan untuk tujuan
tersebut di samping harus selalu mendorong elemen lain
untuk bekerja keras
mensukseskan program tersebut.
Dinas
Pendidikan, Pendidikan adalah
pelaku utama yang menjembatani perbaruan sistem pendidikan.
Dinas pendidikan harus bisa melaksanakan suatu kegiatan penyusunan kurikulum
yang tepat untuk bisa mengembangkan semua aspek kecerdasan anak didik. Untuk
membuat Kurikulum yang baik, perlu dilakukan penyusunan oleh tim MGMP yang
telah mengetahui, memahami tentang pengembangan kurikulum yang bisa
mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak, yang pada
akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan belajar anak secara
maksimal. Jadi, pendidikanlah yang
berperan langsung meningkatkan
taraf berpikir masyarakat. Untuk dapat meningkatka prestasi belajar anak didik
dan kecerdasan mereka, pendidikan harus selalu memperbarui metode-metode yang
tepat dan baik dengan selalu mengadakan
inovasi baru untuk menciptakan metode belajar yang bisa mengembangkan otak
kanan dan otak kiri anak.
Dinas Keolahragaan, Dinas Keolahragaan harus mengadakan
seminar, pelatihan, workshop tentang
senam otak kepada para guru SD,SMP dan SMA agar para pendidik nantinya bisa mengetahui,
memahami dan menguasai teknik senam otak secara baik untuk aktivasi otak tengah
sehingga meningkatkan kecerdasan belajarnya anak didik.
Pendidik, para guru di
SD,SMP dan SMA sebagai pelaksana program senam otak, harus senantiasa
mengetahui, memahami dan menguasai teknik senam otak secara baik, melalui
pelatihan yang dilakukan oleh dinas olahraga dan kesehatan sehingga tujuan
senam otak untuk mengaktivasi otak tengah yang akan meningkatkan kecerdasan anak
didik secara menyeluruh sehingga kecerdasan belajarnya meningkat.
Langkah-Langkah
Penerapan Senam Otak yang Kongkrit Agar Otak
Tengah Siswa Teraktivasi
Pemerintah, membuat kebijakan
memperbaiki mutu pendidikan nasional dan melakukan koordinasi terhadap lembaga
penelitian dengan lembaga-lembaga yang lain khususnya lembaga pendidikan agar
teknik pengembangan senam otak bisa dilaksanakan di SD dan SMP.
Dinas keolahragaan, melakukan pelatihan penguasaan senam
otak untuk tenaga pendidik khususnya guru olahraga serta secara berkelanjutan
memberikan pengetahuan-pengetahuan manfaat senam otak bagi anak didik.
Guru olahraga, mendukung pelaksanaan dan mengajarkan
senam otak pada anak didik dalam awal proses pembelajaran secara
bekelanjutan dan mengembangkan kombinasi
gerakan yang tidak monoton sehingga bisa dicapai manfaatnya yaitu peningkatan
kecerdasan belajar anak didik.
KESIMPULAN
Gagasan yang
Diajukan
Dunia Pendidikan sebaiknya menerapkan metode
yang menjadi ice breaking (pemecah
ketegangan belajar) yang bisa mengaktivasi otak tengah di Sekolah Tingkat SD dan SMP sehingga semua
kalangan anak didik usia 6 tahun sampai 15 tahun, yang merupakan masa emas
penyeimbangan perkembangan otak kanan dan kiri, baik kaya maupun miskin bisa
sama-sama meng-explore kemampuan otak
mereka dengan maksimal, sehingga bisa meningkatkan intelegensi dan kekreatifitasan serta memicu meningkatnya prestasi belajar anak didik
secara menyeluruh
Teknik
Implementasi yang Akan Dilakukan
Penggunakan dasar gerakan senam otak
sebagai upaya penyusunan kombinasi teknik gerakan senam otak untuk tujuan membuat
rangkaian senam otak yang baik dan sesuai untuk diterapkan pada anak
didik di tingkat SD dan SMP.
Dalam awal proses pembelajaran di satuan
pendidikan SD dan SMP pada awal jam
pelajaran yaitu, jam 07.00-07.30 dilakukan senam otak bersama sebelum masuk ke
materi belajar sebagai pengaktivasi fungsi otak tengah sehingga dalam proses
belajar anak didik menjadi lebih antusias dan memiliki kecerdasan yang tinggi.
Prediksi Hasil
yang Akan Diperoleh
Dengan program penerapan senam otak, diyakinkan
bahwa kecerdasan anak bukan hanya berkembang dalam bidang intelektualitasnya
saja tetapi juga segi kekreatifannya juga bisa berkembang, efeknya dapat mengingkatkan prestasi belajar anak
didik saat berstudi maupun berkarya. Pilihan senam otak dari teknik
pengembangan otak anak menjadi kunci solusi pencehahan ketimpangan perkembangan
otak anak dalam sistem pendidikan saat ini dan akan sangat membantu
kesuksesannya di masa depan sebagai generasi muda bangsa yang cerdas secara
seimbang dan meyeluruh.
DAFTAR PUSTAKA
Kadir, abdul. 2010. Misteri Otak Kiri Manusia. Yogyakarta: Diva Press.
Muhammad, As’adi. 2010. Milyaran Keluarbiasaan otak kita.
Yogyakarta:
Fresh Book.
Muhammad, As’adi.2010. Misteri Otak Tengah Manusia. Yogyakarta:
Buku Biru
Muhammad, As’adi.2010. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang.Yogyakarta:
Diva Press.
Pendak, Mustamir dan maslichan. 2009. Potensi Kekuatan Otak Kanan dan
Otak Kiri Anak.
Yogyakarta: Diva Press.
Yen, DR. Tan
Shot. Tanpa tahun. Saya Pilih Sehat dan
Sembuh. Jakarta: Dian Rakyat
LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran I
Ketua Anggota
Nama :
Sutrisno
NIM :
5302410206
Tempat/ tanggal lahir : Cilacap, 5 februari 1991
Agama :
Islam
Jenis kelamin :
Laki-laki
Jur/ Prodi/Fak/PT :
PTIK/T ELEKTRO/ FT/ UNNES
Alamat asal :
Ds. Kedungreja Rt.05, Rw.02
Kec. Kedungreja, Kab. Cilacap
Alamat di Semarang : Jl. Cempakasari
Timur no 31
Rt03/Rw01,Sekaran,
Gunung pati, semarang, 50228
No HP :
085726490989
Riwayat Organisasi
1. Ketua Departemen Dana dan Usaha
RISTEK
2. Angota Departemen DIKLAT TPAI
Riwayat Pendidikan
No
|
Sekolah
|
Tahun
|
1.
2.
3.
4.
|
SDN
Kedungreja 02
SMP
N Sidareja 02
SMA
N Kedungreja 01
Universitas
Negeri Semarang
|
1997-2003
2003-2006
2006-2009
2010-sekarang
|
Prestasi Ilmiah yang pernah diraih : -
TTD
Sutrisno
5302410206
Lampiran II
Anggota 1
Nama :
Azman Rizqi Rachman
NIM :
6101409162
Tempat/ tanggal lahir : Tegal/ 23 Oktober 1991
Agama :
Islam
Jenis kelamin :
Laki-laki
Jur/Fak/PT :
PJKR/FIK/ UNNES
Alamat asal :
Jl.Cinde IA No.57
Kraton Tegal
Alamat di Semarang : Jl. Cempakasari
Timur no 31
Rt03/Rw01,Sekaran,
Gunung pati, semarang, 50228
No HP :
087832924572
Riwayat Organisasi :
Anggota divisi HRD FIFA SPORT (UKM Penelitian) FIK
Riwayat
Pendidikan
No
|
Sekolah
|
Tahun
|
1.
2.
3.
4.
|
SDN Tegalsari 10 Tegal
SMPN
6 Tegal
SMAN
2 Tegal
Universitas
Negeri Semarang
|
1997-2003
2003-2006
2006-2009
2009-sekarang
|
Prestasi Ilmiah yang pernah diraih :
1. Juara 3 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa) tingkat
Fakultas FIK UNNES 2010
(Alat pendeteksi dis/tidaknya pelompat saat
melakukan lompatan pada olahraga atletik cabang lompat jauh)
2. Juara harapan 1 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa)
tingkat Fakultas FIK UNNES 2010
( modifikasi
Treadmil untuk menghasilkan energi listrik)
TTD
Azman Rizqi Rachman
6101409162
Lampiran III
Anggota 2
Nama :
Imam Adi Permono
NIM :
6101408209
Tempat/ tanggal lahir : Wonosobo, 16 Oktober 1990
Agama :
Islam
Jenis kelamin :
Laki-laki
Jur/Fak/PT :
FIK/PJKR/ UNNES
Alamat asal : Ds. Besani, Rt04/rw01
Kec. Leksono, Kab.Wonosobo
Alamat di Semarang : Jl. Cempakasari
Timur no 31
Rt03/Rw01,Sekaran,
Gunung pati, semarang, 50228
No HP : 085727087191
Riwayat Pendidikan
No
|
Sekolah
|
Tahun
|
1.
2.
3.
4.
|
SDN 1 Wonosobo
SMPN
1 Leksono
SMAN
1 Wonosobo
Universitas
Negeri Semarang
|
1996-2002
2002-2005
2005-2008
2008-sekarang
|
Prestasi Ilmiah yang pernah diraih :
1. Juara 3 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa) tingkat
Fakultas FIK UNNES 2010
(Alat pendeteksi dis/tidaknya pelompat saat
melakukan lompatan pada olahraga atletik cabang lompat jauh)
2. Juara harapan 1 LKTM (lomba Karya Tulis Mahasiswa)
tingkat Fakultas FIK UNNES 2010
( modifikasi
Treadmil untuk menghasilkan energi listrik)
3. Nominator Lomba Industri olahraga tingkat Nasional
oleh KEMENPORA 2011
TTD
Imam Adi Permono
6101408209
Lampiran IV
Biodata
Dosen Pendamping
Nama Lengkap
: Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S.
NIP : 195910201990022001
Alamat : Jl Anggun Selatan N 26 graha estetika
Semarang
Kantor : Kampus UNNES Sekaran-Gunungpati, Gedung E6
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik
50229,
No. Hp : 08122847468
Semarang,
5 Maret 2012
Dra. Dwi Purwanti,AhT,M.S.
195910201990022001
4 komentar:
ini pkm lulus dikti masuk brp besar kak..
PKM -GT lolos pendanaan, cuma lolos dan dapat uang insentif cuma-cuma dari DIKTI Rp. 3.000.000,00. dengan menyumbangkan ide ini, ayo buat dek. ne saya udah besok april mau wisuda jadi g ada kesempatan buat PKM lagi, hehe, manfaatkan kesempatan saat jadi mahasiswa
Gagasan yang sangat menarik kaka,,, :-D
Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
Property Location With a stay at Borgata 창원 출장마사지 Hotel Casino & Spa 화성 출장샵 in Atlantic City (New Jersey), you'll be centrally located in 경주 출장안마 Atlantic 남원 출장마사지 City, steps 충청남도 출장샵 from Borgata
Posting Komentar