Rabu, 05 Desember 2012

Rahasia Kesehatan ;Keluar dari lingkaran stress

Tiada hal yang dapat menyebabkan diri kita menjadi stress, kecuali jika kita membiarkannya terjadi pada diri kita.


Misal saat mengantri diloket, sebagian orang merasa itu membuat mereka stress, namun ada orang yang bisa menjadikan moment seperti itu untuk penyAluran hobi, misal membaca, sulap. Dsb. 

  
      1. Pola makan seimbang

Stress Membahayakan tubuh karena menurunkan daya tahan dan meningkatkan ketegangan system tubuh, Untungnya Komponen gizi membantu fungsi tubuh kita menjadi normal.

-perhatikan asupan karbohidrat, harus seimbang
-seimbangkan jumlah kalori yang masuk dan keluar tubuh
-hindari terlambat makan n minum air yg banyak.

Skrang kita jadi tahu diet yang sehat tidak hanya mengurangi berat badan. Diet dalam arti mengelola pola makan juga memperkuat tubuh sehingga mampu bertahan dari hal yang dapat ,menyebabkan stress (Steressor)
  2. Tidur malam

Tidur malam adalah kunci seluruh aktivitas kehidupan. Tidur bukanlah aktivitas pasif, sebagian orang (khususnya para ilmuwan) kian menyadari bahwa sewaktu tidur pikiran kita sangat aktif. Semakin baik kualitas tidur malam seseorang, maka semakin prima kondisinya, jangan mengkonsumsi barang yang mempengaruhi saraf pusat seperti : kafein dsb. Minum aja susu, sehat, dan membuat semakin tinggi tulang.


  3. Rokok, miras dan narkoba

Semua itu menurunkan kualitas tidur seseorang. Kebiasaan tidur yang baik :
-Perbaiki jam biologis kita dengan tidur secara teratur shg tubuh selalu berada dalam siklus tidur
-hindari kebiasaan melembur pekerjaan sampai larut malam.
-beraktivitaslah secara proporsional setiap hari sehingga tubuh siap untuk beristirahat
-lakukan relaksasi sebentar sebelum tidur, misal mengatur nafas sehingga kondisi otot-otot dan pikiran   menjadi relaks.
- hindari konsumsi makanan yang mengandung kafein, nikotin, apalagi zat-zat yg menghilangkan akal.


 4. Tamasya dan Olahraga

Olahraga dan rekreasi membuat tubuh kita lebih toleran terhadap stress sehingga ketika stress menyerang, kondisi tubuh kita lebih cepat normal kembali.

Olahraga teratur tidak hanya membuat kita tidur lebih pulaas. Jogging, bela diri, dan cabang-cabang olahraga lain juga berfungsi sebagai penenang kondisi psikis. Perhatian kita terhadap peristiwa-peristiwa yang berpotensi menimbulkan stress pun berkurang.

Menariknya, program pengurangan stress melalui olahraga tidak selalu mensyaratkan aktivitas-aktivitas fisik berat yang bertujuan untuk memperkuat otot atau mengurangi berat badan. Pergi keluar rumah dengan berjalan kaki setiap pagipun sudah cukup membantu. Asalkan kita melakukannya dengan teratur, sedikitnya selama 30 menit dan minimal selama 3 kali dalam sepekan. Percaya atau tidak, kamu pasti akan ,merasa berbeda setelah melakukannya.

Rekreasi juga membuat pikiran kita segar, pokoknya pada prinsipnya : kita mengimbangi tekanan-tekanan yang kita alami dengan kegiatan pengenduran, terutama pikiran. Ini memungkinkan tubuh, pikiran, dan spirit kita segar kembali.


SOURCE: buku Big Bang Spirit Oleh Sutan surya dan hariwijaya

Tidak ada komentar: