Kamis, 13 Januari 2011

Tonis (badminton +Tenis)


Tonis, ya mungkin masih belum terdengar familiar buat kebanyakan kita, tapi bagi para penggemar olahraga, harus tahu donk Tonis itu olahraga seperti apa... yuk kita pelajari lebih dalam.
Tonis merupakan olahraga yang diciptakan oleh dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES, Drs. Tri Nurharsono, M.Pd..Yang merupakaan dosen mata kuliah Tenis Lapangan. Kata tonis di ambil dari penggabungan badminton dan tennis. Inilah merupakan salah satu olahraga dari indonesia yang diakui di dunia sebagai salah satu hak cipta milik warga negara asli indonesia.

Olahraga ini hampir mirip dengan tonis, tapi raket/padle yang dipakai terbuat dari kayu dan multiflek, bola bias menggunakan bola tenis yang telah gundul (usang) dan fasilitas yang lain hampir sama dengan tenis lapangan. yang jelas bisa digunakan untuk pendekatan pembelajaran tenis lapangan, dan sekolah yang memiliki keterbatasan dana bisa memuat olahraga ini sebagai salah satu kegiatan olahraganya karena sangat murah dan menyehatkan.
          
  Peraturan permainan ini hampir sama seperti tenis lapangan, akan tetapi perhitungan skornya sampai 21 dan mirip perhitungan score pada olahraga badminton. Berbeda dengan tenis lapangan yang menggunakan perhitungan 15-30-40-45 Adv, dsb.

Dan perlu diketahui juga, bahwa UNNES juga sudah sering mengadakan kejuaraan Tonis tingkat Nasional, karena Yang tahu masih sedikit, maka jika diadakan pertandingan langsung tingkat nasional (wah piagamnya langsung tingkat nasional brarti,hehe). Pesertanya terdiri dari Atlet yang Berpengalaman dan baru saja Mengenal olahraga ini. Jadi untuk target Prestasi kesempatan masih terbuka lebar untuk menjadi atlet Tonis dan menjadi juara di tiap event.

Sosialisasi tentang Olahraga Tonis ini juga gencar dilakukan, sampai ke berbagai pelosok tanah air, dan juga telah diadakan sosialisasi ke Australia, Singapura, Malaysia.

Berikut gambar detail sarana dan prasarananya:
Berdasarkan pengukuran lapangan Tonis yang berada di depan LAB. PJKR FIK UNNES: 

 

padle/raket

net Tonis



Tidak ada komentar: